Cara Menerbitkan Novel dari Wattpad

Cara Menerbitkan Novel dari Wattpad – Sederet pertanyaan itu pasti saja muncul dari penulis wattpad yang mempunyai cerita menarik di wattpad, proses kreatif dalam menulis tentu saja ingin berahir menjadi sebuah novel best seller dan dijadikan film, lalu banyak fans dan mendapat popularitas sebagaimana penulis wattpad yang sudah sukses.

Sebut saja Erisca Febriani, ia menjadi penulis yang produktif dan terkenal ketika karya perdanannya di wattpad yang berjudul Dear Nathan diterbitkan oleh PT Melvana Media. Prosesnya pun tidak sederhana, penulis Dear Nathan itu pernah tertipu, seperti yang tercatat di Wikipedia.

Perjuangannya menuju ke penerbitan, tidaklah mudah, Erisca (penulis Dear Nathan) bahkan pernah ditipu sewaktu ingin menerbitkannya ke self publishing. Namun, selalu ada jalan menuju Roma, cerita ini akhirnya berjodoh untuk diterbitkan oleh penerbit Best Media pada bulan Maret 2016.

Beralih ke Luluk HF, ia sukses membesarkan karya nya Novel EL, yang pada endingnya diadaptasikan menjadi film yang buming dan digandrungi anak-anak muda. Novel EL juga diterbitkan oleh PT Melvana Media lebih tepatnya di lini penerbitannya yaitu Best Media. Penerbit yang sama dengan penerbit yang membesarkan Dear Nathan.

Luluk HF kemudian semakin terkenal setelah novelnya yang berjudul Mariposa diadaptasi ke layar lebar, cerita dari Wattpad yang memiliki viewers sebanyak 11,4 Juta itu meledak dan buming, mega best seller dan memiliki angka penjualan yang dahsyat.

Novel yang terbit dari Wattpad dan terbilang sukses sebenarnya ada banyak sekali, ada dari penulis-penulis yang masih sekolah seperti Poppy Pertiwi yang memiliki followers sebanyak 678K wattpad, karya nya yang berjudul Galaksi dibaca lebih dari 33,7 Juta pembaca, berahir terjual best seller, viral di kalangan anak-anak sekolah. Novel ini juga diterbitkan oleh PT Melvana Media (Coconut Books).

Cerita lain dari Poppy Pertiwi adalah Septihan, memiliki jumlah pembaca sebanyak 32,5 Juta pembaca di wattpad, kemudian terbit dan terjual best seller di Coconut Books PT Melvana Media. Sungguh anak muda yang luar biasa, karyanya sudah dinikmati banyak pembaca di usia yang terbilang masih belia.

Ada lagi penulis Wattpad yang karyanya diadaptasi menjadi Film, dia adalah Wulan Fadila, penulis perempuan yang memiliki 427K followers di wattpad, profilnya sudah terverifikasi oleh wattpad seperti Poppy Pertiwi. Ia memulai kariernya dari Novel R: Raja, Ratu dan Rahasia yang kemudian diadaptasi ke layar lebar, ceritanya yang ini dibaca lebih dari 27 Juta pembaca.

Novel R: Raja, Ratu dan Rahasia ini diterbitkan oleh PT Melvana Media (Best Media). Kemudian karyanya yang lain adalah I Wuf You, S: Sadena, Sandra, Sandiwara. Semuanya terjual best seller dan viral di kalangan anak muda.

Dari kalangan penulis laki-laki ada Bayu Permana yang memiliki followers 490K wattpad dan mendapat verifikasi wattpad bintang oranye. Ceritanya yang terbit menjadi novel best seller diantaranya adalah Artha 27,8 Juta dibaca, My Psychopath Boyfriend 20,2 Juta dibaca, My Possessive Bad Boy 24,8 Juta dibaca, Sheiland 26,8 Juta dibaca.

Semua cerita novel yang ditulis Bayu Permana itu best seller dan buming, novel-novelnya diterbitkan oleh Coconut Books (PT Melvana Media). Selain Bayu Permana ada lagi penulis laki-laki dari Wattpad yang ceritanya sukses dan best seller, namanya adalah Hendra Putra, dia memiliki followers 148K wattpad, karyanya yang best seller itu berjudul Pangeran Kelas, dibaca 13,5 Juta kali di Wattpad, novel ini juga terbit di Coconut Books (PT Melvana Media).

Belakangan muncul penulis yang tak kalah terkenal, followers wattpadnya sebanyak 305K, karyanya yang berjudul Teluk Alaska terjual best seller, dibaca 58,8 Juta kali. Sebelum terkenal dengan karya nya Teluk Alaska sebenarnya penulis ini sudah mempunyai karya best seller yang berjudul My Protective Billionaire dengan jumlah pembaca 13,7 Juta. Novel-novelnya terbit dan dibesarkan oleh penerbit Coconut Books dan Bintang Media (PT Melvana Media).

Beberapa nama di atas yang telah disebut adalah nama-nama penulis wattpad yang sudah menemukan keberhasilannya dalam menulis sebuah cerita kemudian diterbitkan menjadi novel, ada juga yang sukses diadaptasi ke layar lebar.

Untuk menjawab pertanyaan di atas tadi, bagaimana Cara Menerbitkan Novel dari Wattpad adalah sebagai berikut:

  1. Menerbitkan secara mandiri (self publishing)
  2. Menerbitkan secara mayor (major publishing)
  3. Menerbitkan hanya untuk dibaca sendiri
  4. Cerita Menarik.
  5. Atur profil Wattpad semenarik mungkin.
  6. Pilih Cover yang bagus dan memiliki Resolusi Tinggi dan Menarik.
  7. Tulis Cerita yang bagus dan bikin penasaran
  8. Tulis cerita berupa Serial, Rutinlah Dalam Menerbitkannya.
  9. Tautkan atau sambungkan Akun Wattpad di Sosial Media.
  10. Aktif Mengikuti Kontes-kontes Menulis di Wattpad.

Pertama menerbitkan secara mandiri atau indie ini bias dilakukan dengan perbanyak menawarkan naskah cerita ke penerbit-penerbit, kalau penerbitnya tidak mau, terbitkan saja dengan jenis self publishing, artinya biaya penerbitan ditanggung penulis, pemasarannya bias dibantu penerbit, penulisnya juga bias ikut promosi.

Kedua menerbitkan secara mayor adalah harapan bagi seluruh penulis, sebab karya kita akan dibeli, kita dikasih royalty, pemasaran dilakukan oleh penerbit, distributor, dan took buku offline maupun online, kita hanya menikmati hasil, yang beruntung bisa diadaptasi ke layar lebar.

Ketiga menerbitkan hanya untuk dibaca sendiri ini tidak melibatkan penerbit indie atau mayor, karena karya hanya diterbitkan atau dicetak untuk dibaca sendiri, tidak membutuhkan promosi dan periklanan yang serius.

Beberapa cara di atas bisa dilakukan dengan usaha maksimal, doa maksimal, dan pasrahkan semuanya pada Allah. Semoga sukses selalu. Bila kamu mempunyai cerita menarik di wattpad dan ingin terbit dengan model mayor publishing, silakan hubungi WhatsApp 08983399493. Pemilik nomor itu adalah salah satu redaktur penerbit mayor di Jakarta yang novel-novel terbitannya sudah banyak dilirik dan diadaptasi ke layar lebar. Semoga sukses. Amin.

Belibis Pustaka

Belibis Pustaka

Best Seller Publisher

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *