HBO dan Indahnya Berkomunitas

Apabila ada sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dan terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggotanya karena adanya kesamaan interest atau values. Maka menurut Kertajaya Hermawan sekelompok orang itu bisa disebut sebuah komunitas.

Mengingat argument Kertajaya Hermawan itu seketika saja membuat saya teringat dengan Halaqoh Bisnis Online, sebuah perkumpulan dakwah yang menurut saya memiliki daya ekonomi dan kreatifitas. HBO yang menggaung di Face Book itu digagas dan dikembangkan Oleh Ning Nisaul Kamilah, seorang novelis dan trainer yang tekun mendampingi para sahabat dan anak didiknya.

Mengenai sejak kapan tahun berdirinya, saya sendiri kurang tahu, tapi setelah telusuri ternyata sudah ada banyak cabang HBO di tiap daerah, dan yang membuat saya tercengang adalah seluruh Cabang yang ada di daerah-daerah itu aktif dan produktif, juga memiliki aktivitas offline berupa korpad, ngaji bulanan, dan lain-lain.

Ada apa dengan HBO? Itulah pertanyaan saya ketika awal sekali mendengar namanya, apalagi semenjak Senior saya di UIN Maliki Malang ; Mbak Tina Siska Hardiansyah terlibat dalam menulis buku Kumpulan Cerpen yang berjudul Perempuan Tali Jagad dan Petrichor yang best seller itu. Saya makin penasaran.

Mendadak saja saya kepo dan stalking, lalu berahir pada keterkaguman yang mendalam pada ibu-ibu yang super produktif dan keren di bawah naungan HBO itu. Apalagi ketika mengetahui banyak sekali kegiatan launching dan bedah buku juga seminar-seminar motivasi yang diadakan di pesantren-pesantren, saya semakin takjub.

Barangkali sebuah komunitas terbentuk berdasarkan minat adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan ketertarikan para anggotanya. Biasanya komunitas yang terbentuk berdasarkan minat, jumlah anggotanya akan besar karena komunitas tersebut dapat mendukung minat atau hobi mereka. Hal itu sudah terjadi di HBO.

Melihat track record HBO yang sudah menyerbak di dunia maya hingga di belahan desa-desa kita itu, saya mendadak menarik benang merah, bahwa berkomunitas itu sangat penting, karena di sana siapa saja bisa berkembang dengan memiliki banyak pengetahuan. Apalagi dari komunitas yang bagus tentu akan melahirkan orang-orang hebat.

Lamat-lama ahirnya takdir mempertemukan saya dengan Foundernya HBO Ning Nisaul Kamilah, meskipun secara virtual tapi berkesan, mungkin karena pernah mengenyam pendidikan di Jurusan dan Kampus yang sama; UIN Maulana Malik Ibrahim Jurusan PAI. Belum lama kenal beliau, kesan yang saya dapat sudah istimewa, beliau suka berbagi ilmu, humble, humoris, dan visioner.

Tidak heran jika HBO seperti rumah yang teduh, ruang bersosial, berkumpul untuk mendiskusikan banyak hal yang manfaat. Selepas itu saya masuk Grup Facebook HBO, untuk ikut tabarrukkan, di sana saya lihat ada aktivitas keilmuan, kepenulisan, sharing ilmu dan bisnis. Tentu HBO ini tempat daring yang dapat menambah ilmu pengetahuan, serta mengembangkan hobi yang sedang ditekuni.

Indahnya berkomunitas, saya temukan di HBO, sebab di sana bisa menambah jaringan, sahabat baru, keluarga baru yang dapat memperpanjang silaturahmi. Ada ide-ide baru, karena seringnya diskusi. Sering mendapatkan banyak undangan dan bertemu dengan orang-orang hebat, serta mampu menyerap ilmu yang mereka sampaikan.

Bacalah tulisan Mbak Muntafi’ah Afit yang berjudul  Saya dan HBO; Komunitas Rasa Nano-Nano ini. “Siapa sangka setelah sekian lama terpisahkan jarak dan waktu, akhirnya saya dan Neng Mila (red=Nisaul Kamilah) dipertemukan oleh Allah kembali. Dalam status yang berbeda, bukan sebagai teman sekelas di sekolah Aliyah, bukan sebagai teman di pondok, tapi sebagai guru dan murid. Yang jelas beliau guru dan saya muridnya. Jangan dibalik, hehe”

Di ahir tulisannya, ia berharap “di HBO bisa berbisnis sebagai wasilah dalam meraup keridhoan-Nya, memanjangkan tali silaturrahim tanpa batas kasta, menjadikan diri lebih bermanfaat buat sesama. Dan semoga senantiasa bertujuan lillaah, fillah, billaah.”

Bagi saya, sebuah komunitas yang mampu menggerakkan orang di dalamnya untuk menggapai Ridho Allah, bukanlah komunitas sembarangan. Mengingat komunitas HBO adalah komunitas Bisnis Online, bila ruh dan spiritnya untuk akhirat “sesuatu yang tidak Nampak.” maka bagi saya HBO ini bukan hanya keren, tapi juga sebuah keindahan. Wallahu a’lam.

Bacaan Menarik
loading...
Ali Adhim

Ali Adhim

Tuan Rumah Belibis Pustaka Group

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *