NIKAH MEMBAWA BERKAH ; Kumpulan Nasihat Pernikahan dari Para Ulama

Bismillah, pernikahan adalah sebuah keniscayaan bagi setiap makhluk hidup yang normal, meskipun di sana ada beberapa manusia yang dengan cepatnya telah dipanggil oleh Allah Subhanahu wa Taala dan belum sempat melangsungkan pernikahannya, bisa jadi karena belum ada minat atau memang jodoh yang tak kunjung ditemukan. Salah satu hal yang mendorong manusia harus menikah selain ada perintah dari Rasulullah, adalah membangun rumah tangga dimana manusia tidak bisa menjalankannya sendirian, dia membutuhkan seorang pasangan yang bisa melengkapi kondisi dan mewarnai kehidupannya.

Karena dalam pernikahan dan membangun rumah tangga pasti pasangan suami istri (pasutri) akan mengalami suka dan duka, senang dan susah, kadang juga ada gejolak, maka para ulama mengkaji ayat-ayat al-Quran dan Hadits Rasulullah yang berkenaan dengan pernikahan lalu mereka menyampaikan nasihat-nasihat agar pasutri bisa selalu hidup bahagia dan saling memahami satu sama lain.

Buku NIKAH MEMBAWA BERKAH yang sedang di tangan pembaca ini merupakan salah satu bentuk usaha Penulis, Ustadzah Indrawati Jauharotun Nafisah, dalam berbagi faidah yang berkaitan dengan pernikahan yang penulis rangkum dari dawuh beberapa ulama di Indonesia maupun dari negara lain, langkah dan niat baik penulis ini perlu kita apresiasi dan jomblower sebelum melangsungkan pernikahannya harus baca buku ini agar tidak salah jalan, bahkan pasutri yang sudah lama menikah pun masih perlu untuk baca ini agar yang telah salah dilakukan bisa segera diperbaiki.

Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat dan membawa berkah yang banyak bagi penulis, pembaca, dan siapa saja yang ikut andil di dalam terbitnya buku ini. Amiiin.
وصلى الله على سيدنامحمدواله وصحبه والحمد لله رب العالمين أولا وأخرا

Pasuruan, 24 Juli 2019 M
Gus M. Anwar Muhammad
(Pengasuh Ponpes An-Nur Assalafy, Pasuruan dan Penulis Buku-Buku Islami)

PENGANTAR PENULIS

ALHAMDULILLAH. Segala puji bagi Allah Swt. Atas segala nikmat-Nya. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah atas Nabi Muhammad Saw. beserta keluarga dan sahabatnya.

Teriring syukur dengan pertolongan dan kekuatan dari Allah SWT, kumpulan nasihat pernikahan dari para ulama yang terangkum dalam judul buku, “Nikah Membawa Berkah, Kumpulan Nasihat Pernikahan dari Para Ulama,” yang ada di tangan pembaca ini telah rampung ditulis dan dikumpulkan, meskipun jauh dari sempurna dan kelengkapannya. Kumpulan nasihat ini semoga bisa direnungi dan membantu mereka yang mempersiapkan pernikahan atau yang sudah melaksanakan pernikahan supaya lebih berkah dan mantab dalam mengarungi lika-liku kehidupan berumah tangga.

Saya banyak menemukan nasihat-nasihat pernikahan yang hanya lewat begitu saja tanpa ditulis atau dibukukan, baik dari ceramah Para Kiai atau Habaib yang ada di Indonesia, maupun dari luar negeri. Sayang sekali rasanya kalau hanya dibaca lewat sosmed atau dilihat melalui video di youtube, mungkin disimpan tapi, apa yakin akan dibuka lagi, di ulang lagi? Bisa saja hilang entah kemana. Saya juga turut mengumpulkan nasihat-nasihat yang disampaikan Kiai dan Bu Nyai saya ketika mondok. Oleh karena itu saya mencari dan mengumpulkan kembali nasihat-nasihat itu menjadi satu buku agar lebih mudah dibaca dan membantu agar ilmu tidak menghilang begitu saja.

Saya berharap dengan hadirnya buku ini, bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya. Terlebih, semoga kita bisa mendapatkan barokah dari para ulama yang nasihatnya telah dibukukan di dalam buku ini. Dan alangkah indahnya jika kita menghadiahkan bacaan alfatihah terlebih dahulu kepada setiap ulama yang kita baca nasihatnya. Ada 30 lebih nasihat Ulama yang dibukukan di dalam buku ini, yang kesemuanya menuturkan tentang nasihat pernikaha, baik dari sebelum dan sesudah pernikahan. InsyaAllah mudah dipahami dan direnungkan. Tentunya masih banyak nasihat-nasihat yang belum terangkum disini, semoga buku ini bisa mewakili dari sekian banyaknya nasihat pernikahan dari para Ulama.

Jika buku sederhana ini bernilai pahala, maka saya hadiahkan teruntuk seluruh guru yang mengajari saya mulai dari kecil hingga sekarang, kedua orangtua saya. Kebenaran dan Kesempurnaan Hanyalah Milik Allah, jika ada salah penulisan atau kata-kata yang kurang pas atau berkenan, sekiranya pembaca semua bersedia memberikan masukan dan arahan yang membantu penulis memperbaikinya.

Akhir kata, terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya buku ini hingga bisa diterbitkan.

Lumajang, 17 Juni 2019 M

Indrawati Jauharotun Nafisah

loading...
Belibis Pustaka

Belibis Pustaka

Best Seller Publisher

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *