Waterproof Make Up, dan Wilayah Syariat Wanita

Sudah tidak asing lagi jika make up merupakan kebutuhan primer bagi kaum hawa. Bagi mereka, ada yang kurang lengkap apabila berpenamilan tanpa make up. Ada dua jenis make up yang diproduksi di pasaran. Waterproof make up dan water resistance make up. Waterproof make up merupakan jenis make up yang bersifat anti air. Sedangkan water resistance make up adalah jenis make up yang bisa hilang dengan diusap atau pun terkena air.

Make up waterproof bisa tahan berjam-jam walaupun dalam kondisi berkeringat. Make up ini sekarang yang paling banyak dicari oleh kaum hawa. Karena keunggulannya yang tidak mudah luntur membuat penampilan tetap oke dalam jangka waktu yang lama. Seringkali para kaum hawa berkata “eh ini waterproof lho, jadi buat makan minum ga luntur, buat wudhu juga ga ilang” .

Ini yang perlu kalian hati – hati ladies. Make up ini anti air lho, berarti air wudhunya tidak bisa masuk ke pori – pori dong karena terhalang make up, iya gaa? Banyak sekali yang kurang berhati – hati dalam masalah ini. Sering kita jumpai para ladies make up nya masih oke setelah berwudhu, entah itu dari bedak, lipstik, mascara ataupun eye liner. Kalau air wudhu nya terhalang oleh make up berarti wudhunya tidak sah. Lalu, kalau wudhunya saja tidak sah, sholatnya bagaimana?

Dalam Al Quran sudah dijelaskan tentang tata cara berwudhu di mana ada beberapa bagian tubuh yang harus kita basuh dan tidak boleh ada yang menghalangi air wudhu.
Allah SWT berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur”. (QS. Al Maidah: 6)

Ada beberapa tips buat kalian yang tetap ingin memakai make up waterproof. Pertama, pakai make up waterproof untuk acara penting – penting saja. Kalau untuk sehari – hari pakai yang water resistance saja. Kedua, tidak perlu terlalu tebal dalam memakai make up, sehingga mudah dibersihkan. Ketiga, selalu bawa make up remover. Jadi jika kalian mau berwudhu make up bisa dibersihkan terlebih dahulu. Semoga kita tetap bisa berpenamilan cantik tanpa harus mengorbankan syariat ya ladies.

Bacaan Menarik
loading...
Luluk Magfiroh

Luluk Magfiroh

View all posts

1 comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *